Monday, July 6, 2015

Wisata Alam Jogja - Pesona Puncak Suroloyo Kulon Progo

admin Share:
Wisata Alam Jogja - Puncak Suroloyo merupakan wisata alam Jogja yang memiliki pesona pemandangan 4 gunung dalam sekali pendakian. Dengan ketinggian 1.019 m dpl, Anda bisa mencapai puncak Suroloyo dengan waktu yang cukup singkat, sekaligus menikmati pemandangan alam yang indah nan elok dari ketinggian.

Puncak Suroloyo

Terletak di dataran tinggi Menoreh, tepatnya di Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, wisatawan yang berkunjung ke Suroloyo dapat menyaksikan 4 puncak gunung yakni Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing. Di Puncak Suroloyo terdapat beberapa gardu pandang yang bisa dijadikan tempat menyaksikan landskap nan indah.

Gardu Pandang Puncak Suroloyo

Untuk mencapai gardu pandang tersebut wisatawan harus berjalan kaki mendaki ratusan anak tangga yang dipayungi pohon-pohon rindang. Meski melelahkan, semuanya akan terbayar lunas saat tiba di puncak. Wisatawan dapat melayangkan pandang ke segala penjuru, menikmati perbukitan dan lembah menghijau serta deretan gunung-gemunung nan gagah.

Menyaksikan Pesona Sunrise, Sunset, Dan Borobudur Dar Ketinggian

Waktu terbaik untuk mengunjungi Suroloyo tentu saja saat musim kemarau, sebab pada musim-musim ini wisatawan bisa menyaksikan pesona sunrise dan sunset nan indah tanpa terhalang mega maupun kabut. Anda dapat merasakan segarnya udara pagi di Puncak Suroloyo sambil hunting foto. Keren bukan?

Sunrise Puncak Suroloyo

Bahkan jika cuaca sedang cerah-cerahnya, wisatawan yang berada di puncak gardu pandang bisa menyaksikan Borobudur di kejauhan. Tentu saja candi megah tersebut terlihat dalam ukurannya yang mini. Selain Candi Borobudur, wisatawan juga bisa menyaksikan Pantai Glagah dan hamparan kebun teh menghijau di kaki Gunung Sindoro Sumbing.

Bagi penggemar durian yang datang ke Suroloyo saat musim durian, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah mencicipi lezatnya Durian Menoreh. Aromanya yang tajam, dagingnya yang tebal dan rasanya yang manis menjadikan durian ini salah satu unggulan varietas nasional. Selain mencicip durian yang sudah matang, wisatawan pun bisa membeli bibitnya yang mendapatkan sertifikat dari Departemen Pertanian.

Baca Juga : 20 Tempat Wisata Alam Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Lokasi, Akomodasi, Dan Akses Menuju Puncak Suroloyo

Dari Yogyakarta terdapat dua jalur utama untuk mencapai Puncak Suroloyo. Yang pertama adalah melewati Jalan Godean – Sentolo – Kalibawang – Suroloyo. Sedangkan rute kedua adalah Jalan Magelang – Muntilan – Pasar Muntilan – Kalibawang – Suroloyo. Selepas dari Kalibawang rutenya akan menanjak dengan jalan yang berliku sehingga diperlukan kendaraan dengan stamina tangguh.

Wisatawan yang ingin menyaksikan sunset maupun sunrise dari Puncak Suroloyo tidak perlu khawatir akan akomodasi. Jika wisatawan ingin menginap, di kawasan Suroloyo terdapat beberapa bungalow dan homestay sederhana milik warga dengan tarif sewa yang murah. Menarik bukan? Yuk buruan ke Puncak Suroloyo untuk menikmati salah satu pesona wisata alam Jogja yang keren, indah, dan mengagumkan.
Published by admin

Terima kasih telah membaca artikel wisata alam. Semoga info wisata di blog ini bermanfaat bagi Anda semua. Bagi yang punya info wisata alam yang menarik bisa share melalui kolom komentar agar bisa menambah referensi tempat liburan kita.
Follow us Facebook.

Get Updates in your Email
Complete the form below, and we'll send you our best of articles.

Deliver via FeedBurner
TOP